RSUD Dr Harjono . S Kabupaten Ponorogo mengembangkan Asuhan Paska Keguguran (APK) yang lebih efektif dan nyaman bagi Perempuan

RSUD Dr Harjono S Ponorogo  bekerjasama yayasan Ipas Indonesia telah   mengembangkan  Pelayanan Asuhan Paska Keguguran (APK)  yang  lebih  efekttif dan nyaman kepada perempuan baik secara farmakologis maupun secara operatif. Salah satu nya memperkenalkan alat kuretase non tajam atau biasa disebut dengan alat vakum manual (AVM). Kurease dengan AVM ini direkomendasikan   oleh organisasi Dokter Spesialis Obgyn Internasiona – FIGO ( the International Federation of Gynecology and Obstetrics)  sebagai alat Vakum yang efektif dan memberikan pelayanan lebih efektif dan nyaman dibandingkan alat kuretase konvensional yang tajam.
  .
Persiapan pengembangan APK  di RSUD Dr Harjono S  ini telah dilakukan oleh Yayasan Ipas Indonesia bekerja sama  Fakultas Kedokteran Universitas Gajah mada dengan beberapa kali  Pelatihan  bagi Dokter maupun Bidan Pelaksana hingga mahir, termasuk juga pembimbingan  penyusunan Panduan Praktek Klinis yang didampingi oleh Tim dari Cochrane Indonesia

Kegiatan Pelatihan

Kegiatan pemantapan APK ini salah satunya dilaksanakan acara Clinical Coaching dan Monitoring Evaluasi yang dilaksanakan pada hari Selasa, 7 Agustus 2019 yang pembukaannya dilakukan di Aula Sidomukti RSUD Dr Harjono S oleh Direktur RSUD Dr. Harjono S Ponorogo Dr. Made Jeren, SpTHT dan dihadiri Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Tim Pelatih dari Fakultas Kedokteran UGM, Tim Ipas,  Rumah Sakit Aisyiah serta Puskesmas Kauman dan Puskesmas Bungkal yang juga dilibatkan dalam pengembangan APK.

Dalam Sambutannya Direktur Dr. Made Jeren, SpTHT menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo dan Tim Ipas yg sudah mempercayakan RSUD Dr. Harjono S sebagai tempat pengembangan APK ini. Direktur mendukung kegiatan seperti ini karena RSUD Dr. Harjono S  memiliki tugas menjadi  bagian penurunan AKI  disamping tugas2 lain dlm program nasional. 

Bapak Direktur bersama peserta pelatihan

Tim dari Fakultas Kedokteran UGM dipimpin oleh dr. Shinta Prawitasari, MKes., Sp.OG(K)  yang hadir di Ponorogo selama 2 (dua) hari tanggal 7-8 Agustus melaksanakan  Clinical Coaching  untuk APK dengan peserta 5 orang Dokter Spesialis Obgyn dari RSUD Dr. Harjono S dan RS Umum Aisyiah Ponorogo. Sedangkan Monitoring evaluasi dilaksanakan oleh Tim dari Ipas dan FK Ugm bagi Dokter Umum dan Bidan yang sudah dilatih. (NF)

Index Kepuasan Masyarakat
Pendaftaran Online
Map