• 1.jpg
  • 2.jpg
  • 3.jpg
  • 4.jpg
  • 5.jpg
  • 6.jpg

News

 

Ponorogo, 07 Sepetember 2015

Dibuka oleh direktur RSUD dr. Harjono Ponorogo drg. Priyo Langgeng Tribinuko, MM di aula Sidomukti, dalam sambutannya direktur mengharap apa yang disampaikan dan diberikan oleh tutor untuk dicermati, dimengerti, di tindak lanjuti, guna pencapaian cita-cita bersama peningkatan mutu RSUD dr. Harjono Ponorogo. Ucapan terima kasih kepada para fasilitator dari RSUP Sardjito Yogyakarta atas waktunya, atas ilmu, dan luang waktunya untuk kebaikan yang dibagikan, begitu juga ucapan terima kasih pada semua karyawan yang mengkuti pelatihan. Dan menurut rencana pelatihan ini akan berlansung 3 hari, mulai hari ini (7-9 Sepetember 2015).

 

Pre test, peserta melakukan pre test sebelum pelatihan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta sehingga memudahkan pemberian materi.

Menurut dr. Pudjo Mutu  berjalan bersama dengan keselamatan, keduanya tidak bisa dipisahkan dan saling berhubungan.

Peningkatan mutu; pendekatan pendidikan berkelanjutan dan perbaikan proses-proses pemberian pelayanan kesehatan sesuai kebutuhan pasien dan pihak pihak yang berkepentingan lainnya (Kamus manual Standart JCI). Dalam pemaparan lebih lanjut beliau menyatakan manfaat program mutu ;

  1. Meningkatkan efektifitas pelayanan kesehatan
  2. Meningkatkan efisien pelayanan kesehatan
  3. Meningkatkan kepuasan pelanggan
  4. Melindungi pelaksanaan pelayanan dari gugatan hukum

Mutu kita yang tahu, kita yang melakukan, kita yang merasakan, dan kita yang melakukan dan merencanakan, mutu adalah kebutuhan.

Mutu sendiri bersifat khas;

  1. Mampu melaporkan setiap penyimpangan
  2. Flesiblean organiasi
  3. mudah
  4. Berorientasi pada masa depan
  5. Sesuai dengan keadaan organisasi
  6. Mudah dilaksanakan
  7. Mudah dimengerti

 

Siklus program mutu, mengidentifikasi masalah, menentukan penyebab masalah, menyusun penyelesaian mas, melaksanakan penyelesaian mas, menilai hasil yg dicapai, menyusun saran tindak lanjut. Sedangkan kompetensi untuk mutu rumah sakit ;

  1. perhatian kepada pasien
  2. pengetahuan kedokteran
  3. perbaikan dan belajar berbasis praktek
  4. keahlian berkomunikasi dan antar-personal
  5. profesionalisme
  6. praktek berbasis sistem

Dan berikut foto-foto kegitan tersebut di hari pertama